Naufal Muhsy Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Taqabbalallahu Minna wa Minkum Tulisan Arab

3 min read

taqabbalallahu minna wa minkum tulisan arab

Taqabbalallahu Minna wa Minkum Tulisan Arab – Kalimat “Taqabbalallahu minna wa minkum” merupakan salah satu kalimat atau do’a yang kerap kali kita dengar dan ucapakan pada saat perayaan hari raya umat Islam, yakni hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, kalimat “Taqabbalallahu minna wa minkum” juga mengandung makna atau harapan yang baik dari orang yang mengucapkannya kepada orang yang menerima ucapan tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas secara rinci dan jelas mengenai apa itu ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum, dan bagaimana cara menulisnya dengan tulisan bahasa Arab.

Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna wa Minkum yang Baik dan Benar Beserta Artinya

tulisan arab taqabbalallahu minna wa minkum
source: kaltim.tribunnews.com

Masih banyak di antara kita yang mungkin masih belum mengetahui bagaimana sih cara menulis kata ucapan Idul Fitri “Taqabbalallahu minna wa minkum” yang baik dan benar sesuai dengan ejaan.

Nah, buat kalian yang mungkin masih bingung dengan cara penulisan kalimat “Taqabbalallahu minna wa minkum” tidak perlu khawatir, berikut ini sudah kami sediakan daftar ucapan “Taqabbalallahu minna wa minkum” baik dengan menggunakan bahasa Arab ataupun bahasa latin yang dilengkapi juga dengan terjemahannya:

#1 Taqabbalallahu Minna wa Minkum Tulisan Arab

Untuk ucapan idul fitri yang pertama ini adalah versi yang paling mudah untuk diucapkan, karena kalimatnya pendek dan sudah cukup familiar kita dengar pada saat hari raya Idul Fitri.

Berikut ini adalah tulisan “Taqabbalallahu minna wa minkum” dalam bahasa Arab:

~ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ ~
Arti dari ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum“Semoga Allah menerima (puasa dan amal ibadah) dari kami dan (puasa dan amal ibadah) dari kalian.

#2 Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna wa Minkum wa Taqabbal ya Kariim

Adapun versi yang sedikit lebih panjang, yaitu dengan menambahkan bebebarapa kalimat berikut: “Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.”

  ~ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ ~
Arti dari ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim“Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang Maha Mulia.
Arti perkata:
Terima تَقَبَّلَ
Allah اللَّهُ
Dari kita مِنَّا
Dan وَ
Dari Anda/ kalian مِنْكُمْ
Dan وَ
Terima تَقَبَّلْ
Wahai ياَ
Yang Maha Mulia كَرِيْمُ

#3 Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna wa Minkum Shiyamana wa Shiyamakum

Untuk ucapan “Taqabbalallahu minna wa minkum” versi yang ketiga ini sedikit berbeda dari ucapan lebaran yang lain, yaitu: “Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum kullu aam wa antum bikhair.”

~ تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صِيَمَنَا وَ صِيَمَكُمْ كُلُّ عَامٍ وَ أَنْتُمْ بِخَيْرٍ ~

Arti dari ucapan Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum“Semoga Allah menerima (puasa) kita dan setiap tahun semoga kita senantiasas dalam kebaikan.

#4 Tulisan Arab Taqabbalallahu Minna wa Minkum Versi Lengkap

Namun selain kalimat yang sudah disebutkan di atas, ada juga ucapan lebaran “Taqabbalallahu minna wa minkum” yang lebih lengkap, yaitu: “Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aadzin wal faaiziin.”

~ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ ~

Ataupun versi yang paling lengkap yaitu:

“Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aadzin wal faaiziin, wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.”

~ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ
بِخَيْرٍ ~
Artinya yaitu: “Semoga Allah menerima (puasa dan amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah yang Maha Mulia” terimalah. Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang menang serta di terima (puasa dan amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

Jawaban Taqabbalallahu Minna wa Minkum

jawaban ucapan taqabbalallahu minna wa minkum
source: suparlan.org

Jika di atas kita sudah membahas mengenai contoh dan cara penulisan ucapan lebaran “Taqabbalallahu minna wa minkum,” lalu bagaimana cara menjawab ucapan-ucapan tersebut?

Berikut ini adalah jawaban pada saat kita menerima ucapan lebaran “Tabbalallahu minna wa minkum” baik dalam tulisan Arab ataupun latin:

~ تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ ~

“Taqabbalallahu minna wa minkum”

Yang artinya, semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami, dan (puasa dan amal) dari kalian.

Mengapa jawabannya sama?

Ya, karena di dalam riwayat sahabat dan juga salafus shalih yang sampai kepada kita, jawaban dari ucapan (do’a) “Taqabbalallahu minna wa minkum” adalah do’a yang sama juga. Yaitu, “Taqabbalallahu minna wa minkum.”

Dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliu bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu pada saat hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah “Taqabbalallahu minna wa minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir).

Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a).

Demikianlah jawaban para sahabat dan salafus shalih, pada saat mendapatkan ucapan “Taqabbalallahu minna wa minkum.”

Jawaban tersebut, sebagaimana perintah Allah di dalam Al-Qur’an:

“Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun, maka jawablah dengan salam yang lebih abik atau jawablah dengan yang semisal” (QS. An-Nisa’: 86).

Hukum dan Keutamaan Mengucapkan “Taqabbalallahu Minna wa Minkum”

hukum dan keutamaan mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum
source: romelteamedia.com

Ibnu Hajar Al Asqalani di dalam kitab Fathul Bari menjelaskan, “Bahwa para sahabat Rasulullah SAW apabila berjumpa di hari raya, maka mereka mengucupkan pada sebagian yang lainnya: Taqabbalallahu minna wa minka.”

Disebabkan kalimat tersebut diucapkan oleh para sahabat, dan Rasulullah SAW tidak melarangnya, maka hal ini termasuk ke dalam hadist “taqriri.”

Yaitu, suatu perbedaan yang disetujui oleh Nabi Muhammad SAW, sehingg menjadi “sunnah” untuk umatnya.

Selain itu, di dalam Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq juga menjelaskan hal yang sama. Bahkan ucapan tersebut tidak hanya untuk hari raya Idul Fitri, namun juga untuk hari raya Idul Adha.

Hal tersebut didasarkan pada riwayat dari Jubair bin Nafir, ia mengatakan, “Apabila sahabat-sahabat Rasulullah SAW bertemu pada hari raya, mereka saling mengucapkan Taqabbalallahu minna wa minkum.”

Adapun keutamaan yang terdapat di dalam ucapan atau kalimat “Taqabbalallahu minna wa minkum” adalah sebagai berikut:

  • Menghidupkan sunnah
  • Berpahala
  • Mengikuti sahabat
  • Allah akan mengabulkan do’a
  • Allah menerima amalnya

Baca juga: Tulisan Alhamdulillah Bahasa Arab

Gambar Kaligrafi Taqabbalallahu Minna wa Minkum JPG dan PNG

Nah, kemudian buat kalian yang sedang mencari gambar atau kaligrafi mengenai ucapan hari raya Idul Fitri “Taqabbalallahu minna wa minkum,” berikut ini kami sediakan gambar kaligrafi ucapan “Taqabbalallahu minna wa minkum:”

gambar-kaligrafi-taqabbalallahu-minna-wa-minkum-jpg-png
source: arrahmah.com
gambar-kaligrafi-taqabbalallahu-minna-wa-minkum-jpg-png
source: style.tribunnews.com
gambar-kaligrafi-taqabbalallahu-minna-wa-minkum-jpg-png
source: andriasuta.wordpress.com
gambar-kaligrafi-taqabbalallahu-minna-wa-minkum-jpg-png
source: kabarmakkah.com
gambar-kaligrafi-taqabbalallahu-minna-wa-minkum-jpg-png
source: google.com

Yuk ikut mendengarkan nasyid Taqabbalallahu minna wa minkum yang indah berikut:

Sekian

Demikianlah pembahasan kita mengenai ucapan hari raya “Taqabbalallahu minna wa minkum” dengan menggunakan tulisan Arab beserta terjemahannya.

Semoga dengan adanya pembahasan di atas, dapat membantu kalian dalam memberikan ucapan yang baik kepada keluarga, kerabat, dan juga sahabat ataupun teman-teman kalian.

Akhir kata, semoga pembahasan tersebut dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Muhsy Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.