Naufal Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Contoh Teks Susunan Acara Akad Nikah

6 min read

teks-susunan-acara-akad-nikah-untuk-mc

Teks susunan acara akad nikah – ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat menjelang hari pernikahan. Baik dari acara pertunangan, persiapan pernikahan, penyebaran undangan pernikahan atau undangan walimatul urs, persiapan resepsi pernikahan, dan akad nikah.

Sedangkan acara yang paling sakral dan ditunggu-tunggu di dalam pernikahan adalah, acara akad nikah. Waktu yang dimana kedua calon mempelai akan mengikrarkan janji setia dihadapan penghlu dan para saksi pernikahan.

Karena akad nikah adalah acara yang paling sakral di dalam pernikahan, maka harus dipersiapkan sebaik mungkin. Termasuk dalam mempersiapkan teks susunan acara akad nikah, agar meminimalisir kesalahan sehingga prosesi akad nikah dapat berjalan dengan lancar dan khidmat.

Susunan Acara Akad Nikah

susunan-acara-resepsi-pernikahan
hijaz.id

Berikut ini adalah susunan acara akad nikah yang umumnya dilakukan di dalam pernikahan:

  1. Kedatangan Calon Mempelai Pria
  2. Pengalungan Bunga
  3. Pembukaan Akad Nikah
  4. Sambutan Penyerahan CPP (Calon Pengantin Pria)
  5. Sambutan Penerimaan CPW (Calon Pengantin Wanita)
  6. Simbolisasi Penyerahan
  7. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  8. Prosesi Akad Nikah
  9. Sungkeman
  10. Foto Bersama Keluarga Inti

Susunan acara akad nikah yang telah disebutkan di atas, merupakan susunan acara yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Sehingga, apabila ada tambahan acara berupa upacara adat, maka acara tersebut dapat ditambahkan setelah acara inti dilaksanakan.

Selanjutnya, mari kita menuju pembahasan teks untuk MC atau pemandu rangakaian pada saat acara akad nikah. Yuk disimak!

Teks Susunan Acara Akad Nikah

contoh-teks-susunan-acara-akad-nikah
plaminan.com

Untuk menggunakan contoh teks susunan acara akad nikah yang saya tulis ini, kalian hanya cukup mengganti detailnya saja seperti nama, waktu, dan lain sebagainya.

Kemudian, berikut ini adalah contoh teks susunan acara akad nikah yang dapat kalian jadikan sebagai acuan maupun referensi.

1. Kedatangan Calon Mempelai Pria

Selamat datang kami ucapkan kepada rombongan keluarga besar pengantin pria, keluarga dari Abdullah bin Abbas yang merupakan putra dari pasangan bapak Abbas dan ibu Siti Khadijah.

Suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami atas kedatangan keluarga yang hadir dengan penuh cinta.

Sekali lagi dari hati yang paling dalam, kami mengucapkan selamat datang kepada keluarga besar Abdullah bin Abbas yang telah datang dari Kota Solo menuju Gedung Wanita, Jungke, Kabupaten Karanganyar.

2. Pengalungan Bunga

Sebagai tanda cinta yang tulus, selanjutnya akan dilangsungkan prosesi pengalungan bunga yang akan diberikan oleh ibunda mempelai wanita kepada calon pengantin pria.

Kepada yang terkasih, Ibu Siti Khadijah dan juga ananda Abdullah bin Abbas untuk melangkah serta melakukan prosesi pengalungan bunga.

Silahkan melangkahkan kaki seraya mengucapkan basmallah, agar setiap langkah kaki kita senantiasa berada dalam ketulusan dan niat untuk menggapai ridho-Nya.

(Ibu Siti Khadijah mengalungkan buka kepada Abdullah).

Alhamdulillah prosesi pengalungan bunga sudah terlaksana, semoga ini menjadi langkah awal agar prosesi akad nikah yang sesaat lagi akan dilaksanakan dapat berjalan dengan khidmat dan penuh keridhoan.

Kemudian, kami mengundang seluruh keluarga besar dari rombongan calon pengantin pria untuk memasuki ruangan utama dan menempati kursi yang telah disediakan.

(Keluarga besar rombongan CPP memasuki ruangan utama).

3. Pembukaan Akad Nikah

Bismillahirrahmanirrahiim…

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, Alhamdulillahirabbil’aalamiin wabihi nasta’inu ala umuriddunya waddin, wa sholatu wassalamu ala nabiyyinal mursaliin wa ala alihi wa shohbihii ajma’in. Amma ba’du.

Yang kami hormati, Bapak H. Jajang Pariaman dari Kantor Urusan Agama kecamatan Jungke, Kabupaten Karanganyar.

Yang kami sayangi, bapak Ahmad Widodo dan ibu Ria Ningsih beserta selurug keluarga besar.

Yang kami sayangi, keluarga besar bapak Abbas dab ibu Siti Khadijah

Sama-sama yang kita banggakan, ananda berdua calon mempelai Abdullah bin Abbas dan Aisyah Humairah

Serta kerabat, handai taulan, dan para tamu undangan yang kami hormati

Pada kesempatan yang cerah hari ini, setangkup do’a dan segala pujian selayaknya kita persembahkan hanya kepada Alla ‘Azza wa Jalla.

Dzat yang Maha Rahman dan dzat yang Maha Rahim, sehingga dengannya Allah SWT mengumpulkan kita pada hari ini: Ahad, 15 November 2020. Dalam rangkaian acara prosesi akad nikah, antara ananda Aisyah Humairah dan Abdullah bin Abbas.

Tidak lupa, sholawat beriring salam semoga senantiasa tercurah limpahkan kepada suri tauladan terbaik dalam hidup kita, yang membawa perubahan besar bagi alam semesta.

Yakni junjungan nabi kita, nabi Muhammad SAW. Sosok yang sangat kita nanti-nantikan syafaatnya kelak di yaumil qiyamah.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia

InsyaAllah tidak lama lagi kita akan menyaksikan bersama-sama, dua hati yang terpaut dalam satu janji.

Janji yang akan mengubah segalanya, janji yang akan mengubah sesuatu yang semula haram menjadi sesuatu yang halal, janji yang dengannya menjadikan segala hal sebagai rangkaian ibadah yang luar biasa.

Janji antara dua insan yang yang bernama Aisyah Humairah dan Abdullah bin Abbas. Aisyah adalah putri pertama dari pasangan bapak Ahmada Widodo dan ibu Ria Ningsih. Abdullah adalah putra kedua dari pasangan bapak Abbas dan ibu Siti Khadijah.

Untuk menghilangkan rasa penasaran dari dalam benak bapak dan ibu sekalian, selanjutnya aka nada penyampaian sambutan dari perwakilan kedua keluarga mempelai mengenai penyerahan dan juga penerimaan kedua mempelai.

Baca juga: Pengertian dan Hukum Nikah Siri

4. Sambutan Penyerahan CPP

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai kedatangan dan tujuan dari rombongan calon pengantin pria, kita akan menyimak secara seksama, sambutan penyerahan dari pihak calon pengantin pria yang akan disampaikan oleh bapak Bagus Bambang.

Kepadanya waktu dan tempat kami persilahkan.

5. Sambutan Penerimaan CPW

MasyaAllah, sungguh niat dan tujuan yang sangat mulia telah terdengar jelas dari sambutan penyerahan pihak calon pengantin pria.

Kemudian, kita akan menyimak dan mendengarkan bersama, sambutan penerimaan dari pihak calon pengantin wanita. Pada kesempatan kali ini akan disampaikan oleh bapak Edi Susilo.

Kepadanya waktu dan tempat kami persilahkan.

6. Simbolisasi Penyerahan

Alhamdulillah, baru saja kita simak bersama-sama, sambutan penyerahan dan sambutan penerimaan dari kedua keluarga calon mempelai.

InsyaAllah niat dan tekad sudah bulat, maka selanjutnya sebagai tanda cinta dari keluarga calon pengantin pria, akan ada penyerahan berupa seserahan secara simbolis.

Penyerahan akan diberikan oleh ibunda dari Abdullah yaitu ibu Siti Khadijah, kepada ibunda Aisyah yaitu ibu Ria Ningsih. Kepada ibu Siti Khadijah dan ibu Ria Ningsih, kami persilahkan untuk maju ke depan.

Alhamdulillah, penyerahan seserahan secara smbolis sudah dilaksanakan. Kemudian kami persilahkan kepada keluarga besar calon pengantin pria untuk menyerahkan seserahan secara estafet yang akan diterima oleh keluarga besar dari calon pengantin wanita.

7. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an

Tidak terasa kita akan sampai pada acara inti, acara yang paling ditunggu-tunggu, yang membuat jantung semakin berdetak dengan kencang dan nafas semakin terengah-engah.

Namun sebelum menuju acara inti, mari kita dengarkan terlebih dahulu secara seksama, lantunan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara, Ibrahim Elhaq. Kepadanya waktu dan tempat kami persilahkan.

8. Prosesi Akad Nikah

Hadirin tamu undangan yang berbahagia

Kini sampailah kita pada acara inti yang sangat dinantikan oleh banyak mata, yakni prosesi akad nikah.

Akad nikah, merupakan sebuah ikrar yang sangat luar biasa, ikrar antara wali dari mempelai perempuan dengan mempelai laki-laki. Ikrar yang dengannya, hubungan antara dua insan yang sudah bersepakat untuk hidup bersama diresmikan di hadapan Tuhan YME dan manusia.

Sehingga dengannya pula, langit turut bergema dan malaikat turun untuk ikut mendo’akan sepasang insan yang mengucap janji ijab kabul.

Sebelum memulai prosesi akad nikah, marilah sejenak kita beristighfar kepada Allah SWT, mungkin selama melangkahkan kaki ada khilaf dan lupa dari diri kita. Astaghfirullahal’adzim.

Kemudian dilanjut dengan mengucapkan hamdalah, mungkin selama ini ada banyak nikmat yang telah Allah beri namun kita jarang untuk mensyukuri. Alhamdulillah.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia

Agar prosesi akad nikah dapat berjalan dengan khidmat, kami menghimbau kepada seluruh tamu undangan untuk bisa mengikuti jalannya acara secara khusyu’. Serta mengkondisikan seluruh alat komunikasi dalam kondisi silent.

Kemudian saat ijab kabul sudah terucap, kami mengajak tamu undangan sekalian untuk mengucapkan hamdalah do’a pernikahan secara bersama-sama.

“barakallahulaka wabaraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair”.

Langsung saja, prosesi akad nikah akan langsung dipandu oleh beliau, Bapak H. Jajang Pariaman dari KUA kecamatn Jungke. Kepada beliau waktu dan tempat kami persilahkan.

9. Sungkeman

Alhamdulillah, prosesi akad nikah dapat berjalan dengan lancar dan khidmat. Selanjutnya adalah prosesi sungkeman, sebagai tanda ungkapan cinta dari kedua mempelai kepada orangtua.

Namun, karena sungkeman ada yang disampaikan oleh mempelai sendiri dan ada juga yang dipandu langsung oleh MC, maka untuk contoh teks sungkeman sudah saya cantumkan setelah pembahasan foto bersama keluarga inti.

10. Foto Bersama

Sebagai rangkaian terakhir dalam acara akad nikah, kemudian akan diadakan sesi foto bersama keluarga inti maupun tamu undangan.

Kemudian setelah sesi foto selesai, acara akan berhenti sejenak dan dilanjutkan dengan resepsi pernikahan.

Baca juga: Pengertian dan Hukum Nikah Siri

Contoh Teks Sungkeman Pernikahan

contoh-teks-sungkeman-pernikahan
bridestory.com

Sungkeman adalah salah satu tanda bakti dan terimakasih dari kedua mempelai kepada orangtua, atas bimbingan dari lahir hingga sampai pada pernikahan. Selain itu, sungkeman adalah salah satu cara untuk memohon do’a restu dalam membangun kehidupan rumah tangga, agar senantiasa mendapat berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Berikut ini adalah contoh teks pada saat sungkeman pernikahan.

Sungkeman kepada Ibu Kandung

Ibu, tahun demi tahun berlalu dan engkau terus mendidik kami dengan penuh cinta. Sampai akhirnya hari ini pun tiba, hari dimana kami akan melangkah untuk menjadi seseorang yang lebih mandiri dalam wadah pernikahan yang baru kami mulai.

Ibu, dari hati yang paling dalam. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama ini ada banyak hal yang membuat ibu sakit.

Ibu, kami memohon, bukakanlah pintu maaf ibu agar kami dapat melangkah dengan penuh kebahagiaan dan keberkahan.

Ibu, tidak lama lagi lembaran baru akan kami Ukir. ucapan terimakasih dari hati yang terdalam tidak mampu kami sampaikan dengan banyaknya hal yang sudah ibu berikan.

Ibu, tidak terasa kehidupan baru akan kami tapaki. Do’akan kami, agar dapat menjadi pasangan yang senantiasa dalam limpahan keberkahan.

Ibu, sungguh do’a dan nasehat dari ibu adalah harta yang paling berharga, karena ridho ibu adalah ridho Tuhan Alam Semesta.

Ibu, terimakasih atas segalanya, do’akan kami agar senantiasa menjadi pasangan yang sakinah, mawaddah, warrahmah.

Sungkeman kepada Ayah Kandung

Ayah, sejak kami lahir hingga dewa, engkaulah sosok yang paling depan dalam mendidik, melindungi,dan mengayomi. Engkau yang senantiasa menjadi teladan bagi kami.

Ayah, kini tibalah waktunya bagi kami untuk melangkah dalam episode kehidupan baru, dan bersiap untuk mengamalkan  kebaikan yang telah engkau ajarkan.

Ayah, maafkan kami yang belum bisa berbakti dengan baik kepadamu. Maafkan kami, karena banyaknya ucapan dan tingkah laku yang mungkin menyakiti perasaan ayah.

Ayah, terimakasih atas perjuangan ayah dalam mendidik dan membesarkan kami dengan sangat luarbiasa. Terimakasih jua, telah memberikan izin kepada kami untuk membangun bahtera rumah tangga.

Ayah, kami senantiasa menanti do’a dan nasehat dari lisan ayah yang tulus. Terimakasih atas segalanya ayah, do’akan kami agar dapat membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah.

Kemudian untuk sungkeman kepada ibu dan ayah mertua, tidak jauh berbeda dengan teks sungkeman kepada ibu dan ayah kandung. Hanya tinggal mengembangkan redaksi dari teks sungkeman orangtua kandung.

Sekian

Sebagai catatan tambahan, dalam prosesi akad nikah ada banyak sekali pengembangan. Karenanya, pengembangan-pengembangan tersebut hanya tinggal menyesuaikan saja dengan kondisi ditempat kalian dan skenario dari pasangan pengantin atau keluarga pengantin.

Selain itu, kalian juga bisa membaca artikel mengenai dekorasi pelaminan, dan souvenir pernikahan sebagai referensi dan inspirasi lainnya.

Demikianlah pembahasan kita mengenai contoh teks susunan acara akad nikah dan sungkeman, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih 🙂

Naufal Penyuka kopi yang tak terlalu manis. Pembelajar yang tak jua paham. Pejalan yang tak jua sampai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.