Naufal Muhsy Learner. Blogger. Photographer ~ Mohon do'anya semoga situs ini bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua :)

Tips Menyusun Rencana Pensiun, Miliki Hidup Sejahtera di Masa Tua!

2 min read

tips mempersiapkan dana pensiun untuk masa tua

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun – Jika anda masih pada umur 20 an dan baru mulai menata karier, atau pada usia 30 an memasuki 40 an dengan karier keemasan, mungkin masa pensiun tampak seperti jalan yang masih panjang.

Kendati demikian, ada baiknya untuk menyusun rencana pensiun sejak dini. Dengan begitu, bukan tidak mungkin jika anda bisa pensiun dini dan hidup sejahtera di masa tua.

Dikutip dari situs investbro.id berikut strategi persiapan finansial dalam menyiapkan rencana pensiun.

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun

tips mempersiapkan dana pensiun untuk masa tua

1. Merencanakan Lebih Awal

Apabila anda ingin memiliki tabungan ratusan juta saat pensiun dan dapat terbebas secara finansial di masa tua, maka pastikan anda merencanakan dana pensiun sedini mungkin.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang justru mulai merencanakannya saat sudah dekat dengan masa pensiun itu sendiri.

Padahal jika sudah begitu, anda tidak akan memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dengan matang. Alhasil, dana pensiun seperti yang diinginkan juga akan sulit tercapai.

Kesalahan kesalahan mendasar lain dalam merencanakan dana pensiun yang sering terjadi yaitu meremehkan biaya pensiun, dan tidak memiliki program pensiun.

2. Rencanakan Waktu Pensiun Anda

Untuk menyusun rencana pensiun yang baik, maka anda perlu menentukan waktu pensiun yang ideal bagi diri sendiri. Dalam hal ini, lazimnya terdapat 2 jenis pensiun yang dikenal yakni pensiun normal dan juga pensiun dini.

Sesuai dengan namanya, pensiun normal merupakan pensiun yang dilakukan ketika seseorang telah mencapai usia tertentu sesuai dengan ketentuan undang undang.

Sementara pensiun dini merupakan pensiun yang dipilih sendiri oleh seseorang, meski usianya belum mencapai batas umur yang telah ditetapkan di dalam undang undang. Maka dari itu, anda perlu merencanakan waktu pensiun ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, apakah ingin pensiun normal atau sebaiknya pensiun dini.

Jika ingin pensiun dini, maka sebaiknya di umur berapa anda melakukannya? Ini juga harus menjadi pertimbangan tersendiri yang perlu diperhatikan.

Selain itu, anda juga harus memikirkan rencana ke depan setelah pensiun. Seperti akan tinggal di mana, lalu apa saja kegiatan yang akan dilakukan, dan lain sebagainya.

3. Melunasi Hutang yang Dimiliki

Apabila anda memiliki hutang, maka catat semua hutang yang anda miliki sekarang. Baik itu hutang dalam jumlah kecil maupun hutang dalam skala besar. Ini perlu dilakukan setelah anda merencanakan waktu pensiun. Karena sebisa mungkin hutang yang ada harus dilunasi sebelum masuk ke masa pensiun yang telah direncanakan.

Anda tentu tidak mau harus menghabiskan dana pensiun hanya untuk membayar hutang bukan? Karena hal ini berpotensi membuat anda tidak memiliki dana tersisa di masa pensiun, sehingga masa tua yang sejahtera akan sulit didapat.

Maka dari itu, dalam menyusun rencana pensiun, anda perlu mencatat semua hutang dan mengatur bagaimana semuanya bisa dilunasi.

4. Miliki Tabungan Pensiun dan Investasi

Apabila saat ini anda sudah mempunyai pekerjaan tetap, maka pastikan anda menyisihkan beberapa persen dari penghasilan untuk tabungan di masa pensiun nanti.

Jangan tunda untuk mulai menabung ketika anda sudah mempunyai penghasilan sendiri. Karena seperti yang telah disebutkan di awal, lebih awal memulai maka akan lebih baik.

Selain itu, anda juga dapat memilih investasi sebagai bekal di masa pensiun. Karena dengan investasi, anda bahkan tidak hanya menabung biasa. Tapi ada kemungkinan mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari nilai yang telah diinvestasikan.

Bayangkan jika anda mulai berinvestasi sekarang dan beberapa tahun kemudian nilainya akan meningkat tinggi. Tentu tabungan ratusan juta di masa pensiun bukan hal yang tidak mungkin bukan?

Akan tetapi, sebaiknya anda memilih berinvestasi pada instrumen yang lebih rendah risiko. Karena semakin tinggi risiko pada suatu instrumen, maka kemungkinan terjadinya fluktuasi nilai juga akan semakin tinggi.

5. Mengikuti Program Pensiun

Seperti yang telah disebutkan di awal, kesalahan umum yang sering dilakukan oleh masyarakat saat menyusun rencana pensiun adalah tidak mengikuti program pensiun. Padahal program pensiun ini akan sangat memudahkan anda dalam menjamin kesejahteraan diri saat masa pensiun tiba.

Bagi anda yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan besar, biasanya perusahaan sendiri telah mengikutsertakan setiap karyawannya dalam DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) yang dikelola perusahaan asuransi atau bank. Sehingga saldo dalam program dana pensiun ini bisa dijadikan tabungan tambahan.

Lalu bagaimana dengan yang tidak diikutsertakan oleh perusahaan pada program DPLK tersebut?

Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada produk dana pensiun yang bisa anda ikuti sendiri tanpa harus melalui perusahaan. Dengan mengikuti program pensiun, maka persiapan anda dalam menghadapi masa pensiun juga akan lebih matang.

6. Mulai Terapkan Disiplin Keuangan

Melihat pentingnya mempersiapkan dana pensiun, anda mungkin menjadi berpikir untuk memaksimalkan berbagai saluran kontribusi dana pensiun. Meski memaksimalkan sumber dana untuk pensiun adalah hal yang penting untuk dilakukan, namun bukan berarti anda harus melakukannya dengan menabung secara membabi buta.

Menabung secara membabi buta juga tidak baik dilakukan, dan hanya membuat masa muda anda jadi terasa sulit. Akan tetapi yang perlu anda lakukan adalah memberi batasan pada setiap pengeluaran, atau sederhananya menerapkan disiplin keuangan.

Atur finansial setiap bulan untuk berbagai pos penting, sebagai cara menyusun rencana pensiun yang terbaik untuk masa depan maupun masa kini.

Jadi, inti dari perencanaan masa pensiun sebenarnya adalah mengatur keuangan dengan disiplin. Dengan begitu, maka anda pun akan memiliki cukup dana. Baik untuk tabungan dana pensiun maupun untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa sekarang. Sehingga hidup sejahtera tidak hanya akan diperoleh di salah satu masa saja, melainkan sepanjang hidup.

Naufal Muhsy Learner. Blogger. Photographer ~ Mohon do'anya semoga situs ini bisa memberikan manfaat untuk kawan-kawan semua :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.