Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tips Sukses Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

5 min read

tips menabung untuk ibu rumah tangga

Tips Menabung Ibu Rumah Tangga – Sebagai ibu rumah tangga, tentu kamu mempunyai banyak kewajiban yang meski diselesaikan, mulai dari mengurus anak, suami, menyiapkan makan mereka hingga mengatur keuangan di rumah.

Seorang ibu rumah tangga memang dituntut agar selalu bisa menjaga dan mengatur keuangan di rumah secara tepat dan bijak.

Sayangnya, tak semua wanita dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan tepat dan bijak dengan berbagai alasan loh, ya karena memang mengatur keuangan bukanlah sesuatu yang mudah ya.

Hal ini yang kemudian membuat banyak ibu rumah tangga sulit untuk menghemat yang berdampak pada kesulitan dalam hal menabung.

Meski sebenarnya ada banyak sekali cara menabung yang bisa kamu lakukan meski sudah menyandang status ‘ibu rumah tangga’. Daripada bingung, berikut saya berikan tips menabung ibu rumah tangga yang bisa kamu coba.

Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Dengan mengetahui tips menabung ibu rumah tangga di bawah, saya berharap, kamu, atau siapapun yang menyandang gelar mulia ini bisa memulai menabung ya, karena sebenarnya kunci utama dari bisa menabung adalah konitmen yang kuat.

1. Stop Memandang Uang Receh Sebelah Mata

Tips Menabung Ibu Rumah Tangga

Kadang, tak sedikit dari kita yang memandang uan receh sebelah mata. Ia nggak sih? Sehingga tak heran jika masih banyak yang dengan sadar dan sengaja membuang uang receh di jalan atau melupakan keberadaannya. Hal ini biasanya terjadi jika kamu selesai berbelanja di toko atau supermarket.

Nah mulai sekarang, jika kamu mendapatkan kembalian uang receh, jangan memandangnya sebelah mata ya, cukup simpan dan tabung uang receh tersebut.

Kamu bisa mengumpulkan uang receh tersebut berdasarkan dengan angkanya. Misal, uang Rp. 100 dengan uang Rp. 100, Rp. 500 dengan Rp. 500. Yang jika selesai kamu kumpulkan berdasarkan nominalnya, kamu bisa memberinya isolasi, dan apabila sudah banyak, kamu bisa menukarkannya agar proses menghitungnya menjadi lebih mudah.

Percaya deh, angkanya yang kelihatan kecil itu bakalan jadi besar kok kalau kamu memang tidak memandang uang receh sebelah mata. Gimana, tips menabung ibu rumah tangga yang pertama ini mudah banget dan super sederhana kan?

2. Menyisihkan Uang Belanja

Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Tips menabung ibu rumah tangga yang kedua adalah dengan menyisihkan uang belanja.

Tips menabung ibu rumah tangga yang satu ini terbilang mudah loh, dengan catatan kamu memang siap berkomitmen untuk menyisihkan beberapa bagian uang yang telah diberikan suami kepada kamu.

Jumlahnya juga tidak perlu banyak-banyak. Kamu bisa kok memulainya hanya dengan menyisihkan Rp. 15.000 saja dalam sebulan.

Kecilkan? Ya, angka Rp. 15.000 tentu bukanlah angka yang besar ya, dan dengan nominal tersebut tentu tidak akan menghambat kegiatan atau aktivitas di rumah.

Maka, mulailah dengan menabung Rp. 15.000 saja per hari mulai dari sekarang. So, sistemnya kamu menyisihkan uang ya, bukan menunggu uang sisa.

Karena kebanyak kasus yang terjadi, banyak ibu rumah tangga yang selalu menunggu uang belanja sisa baru menabung, padahal rata-rata ketika sedang belanja, dan kondisinya masih ada uang sisa, pasti otak selalu berfikir, apa lagi ya yang harus dibeli dengan uang yang tersisa.

Ia kan? Ngaku aja, saya juga mengalaminya kok, makanya tahu. Hehehe.

Bayangkan jika cara menabung ibu rumah tangga yang satu ini kamu terapkan, dan kalikan saja selama sebulan. Tentu nominalnya menjadi lumayan besar kan? Dan kamu tidak akan menyadari keberadaannya.

Dalam sebulan, kamu bisa mengumpulkan uang paling tidak Rp. 450.000 secara cuma-cuma dan tanpa beban sama sekali. Jika ternyata kamu konsisten selama setahun, kalikan saja sendiri berapa banyak nominal yang kamu miliki.

Sistem menabungnya juga sederhana, kamu bisa memasukkan uangnya ke dalam celengan, kaleng, atau ke bank rekening. Dan menyisihkan uang bulanan ini meski kamu lakukan begitu mendapatkan uang bulanan dari suami.

Jangan lupa untuk memberitahunya ya, agar tidak ada yang ditutup-tutupi yang bisa saja menimbulkan masalah suatu hari nanti.

3. Dengan Ikut Arisan

Dengan Ikut Arisan

Cara menabung ibu rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan mengikuti arisan. Dengan cara ini sebenarnya secara tidak langsung kamu sudah menabung loh.

Karena hanya dengan cara ini, kamu memang sudah diharuskan menyisihkan uang untuk dibayarkan sebagai biaya tarikan. Biasanya, uang yang meski kamu bayarkan untuk biaya arisan juga bervariasi, sesuaikan saja dengan isi dompet dan kemampuan kamu.

Pilih nominal yang memang tidak membuat kamu merasa terbebani. Walaupun sebenarnya, semakin banyak biaya yang kamu bayar, maka semakin banyak yang kamu terima.

Tapi lagi lagi, semua kembali ke kondisi keuangan keluarga kamu. Ingat ya, kamu adalah seorang ibu rumah tangga, yang sekaligus menjabat sebagai manager keuangan di rumah. Maka, bijak-bijaklah dalam menentukan arisan yag akan kamu ikuti.

Baca Juga:

4. Mencari Diskon dan Promo

Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Biasanya, kaum wanita adalah rajanya pencari promo dan diskon, terutama kaum ibu-ibu. Ia kan?

Hal ini adalah sesuatu yang wajar kok, karena dengan menjadi kaum pencari promo dan diskon kamu bisa menabung, percaya atau tidak, tapi faktanya memang seperti itu.

Maka, cara menabung ibu rumah tangga satu ini bisa dibilang cara yang juga sangat mudah. Salah satu cara agar bisa mendapatkan diskon dan promo adalah dengan menjadi member di supermarket.

Apalagi biasanya, promo dan diskon yang ada di supermarket adalah barang-barang yang memang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari alias barang yang diincar ibu-ibu setiap hari, seperti sembako, sabun, dan lain sebagainya.

Dengan mencari promo dan diskon, maka kamu bisa menekan angka pengeluaran sehingga sisanya bisa kamu tabung.

5. Tidak Membeli Barang yang Memang Tidak Dibutuhkan

Tidak Membeli Barang yang Memang Tidak Dibutuhkan

Cara menabung ibu rumah tangga berikutnya adalah dengan tidak membeli barang yang memang tidak dibutuhkan.

Pada dasarnya, manusia memang diciptakan dengan hawa nafsu, yang jika nafsu tersebut tidak bisa dikenadalikan, maka akan ada dampak buruk yang menghampiri. Termasuk nafsu untuk membeli berbagai barang.

Kamu pernah ngerasa nggak sih? Kalau saya sih sering, hehew. Kalau kamu juga sering ngerasa, yuk mulai berhenti untuk membeli semua barang yang sifatnya hanya sebatas ‘kamu ingin’ bukan kamu butuh.

Karena dengan cara ini kamu bisa mulai menghemat dan bisa menabung. Inget loh ya, semua aktivitas rumah di bawah kendali kamu sebagai ibu rumah tangga.

Dan kamu tidak pernah atau malah tidak akan pernah tahu kapan musibah akan datang, karena musibah tak pernah memberi aba-aba ketika akan bertamu, misalnya tiba-tiba anak kamu sakit dan harus dibawa ke dokter. Tentu membutuhkan dana. Ia kan?

Maka, saat-saat seperti inilah uang simpanan kamu harus dikeluarkan, dan dari sini kamu akan belajar betapa perlunya menghemat dan menabung agar tetap bisa menghadapi masalah yang sifatnya dadakan seperti tahu bulat.

So, jangan lagi mengikuti nafsu ketika berbelanja ya, cukup belikan barang yang kamu butuhkan. Tapi. Ya sesekali juga nggak apa-apa kok, sebulan sekali aja, jangan keseringan. Nggak baik.

6. Membuat Daftar Belanja

Membuat Daftar Belanja

Salah satu tips menabung ibu rumah tangga adalah dengan membuat daftar belanja. Mulai sekarang, coba deh untuk membuat daftar belanja bulanan.

Selain bisa membuat kamu lebih hemat, dengan membuat daftar belanja juga bisa membuat proses belanja kamu lebih mudah.

Tahu kenapa? Karena kamu sudah mempunyai buku panduan yang meski diikuti, sehingga kamu bisa melakukan evaluasi di tiap bulannya.

Misalnya, mengevaluasi barang yang memang harganya terlampau mahal, dan di bulan kemudian kamu bisa membelinya di tempat lain yang menawarkan harga lebih murah.

Baca Juga:

7. Bekerja Sampingan

kerja sampingan ibu rumah tangga

Jika saat ini kamu hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga dan ingin mempunyai tabungan lebih banyak, tak ada salahnya mengikuti tips menabung ibu rumah tangga yang satu ini.

Apalagi di zaman yang serba caggih ini sudah banyak sekali pekerjaan yang sistemnya remote, sehingga bisa dikerjakan dari rumah. Tapi, jangan lupa untuk izin dulu ke suami ya.

Selain sistem kerjanya yang remote dari rumah, biasanya proses rekrutmennya juga online kok, kamu bisa daftar, dan interview via video call atau panggilan biasa, tergantung tempatnya.

Waktunya juga sangat fleksibel. Misalnya ialah menjadi content writer, media social specialist, admin, dan sebagainya.

Hanya saja, pekerjaan yang sifatnya remote biasanya membutuhkan keahlian khusus, misalnya dengan menjadi content writer.

Kamu dituntut untuk bisa menulis sesuai pesanan client. Maka, sebelum mulai bekerja remote, kamu bisa menggali dulu minat dan bakat yang ada di dalam dirimu.

Misalnya suka desain, perdalam lagi, suka melayani chat, bisa teruskan belajar melayani chat dengan baik, dan sebagainya.

8. Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Tips menabung ibu rumah tangga yang terkahir adalah dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran.

Keuntungan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran hampir sama dengan fungsi membuat daftar list belanja bulanan, yakni akan memuat kamu bisa melakukan evaluasi bulanan.

Tips menabung ibu rumah tangga yang satu ini bisa dikatakan wajib loh, karena hanya dengan membuat catatan kamu bisa melihat, apakah ada keseimbangan yang baik antara uang pemasukan dengan pengeluaran.

Jika tiba-tiba kamu mendapati ada yang tidak seimbang, maka kamu bisa langsung melakukan evaluasi besar-besaran, mencoba untuk menghemat semakismal mungkin agar keuangan bisa terkendali dan kamu bisa mulai menabung.

Sekian

Itulah dia beberapa tips menabung ibu rumah tangga yang meski kamu tahu. Apabila selama ini kamu sudah tahu tips menabung ibu rumah tangga di atas namun kerap gagal, coba deh periksa lagi komitmen kamu, karena bisa saja tipsnya tidak salah, namun komitmen kamu yang salah. Ia kan?

Mulai sekarang, kamu bisa kok memulainya kembali dengan komitmen yang lebih keras dan tegas, dijamin deh, keuangan keluarga kamu akan aman terkendali jika kamu memang berkomitmen untuk menjalankan tips menabung ibu rumah tangga di atas.

Baik, untuk pembahasan tips menabung ibu rumah tangganya sekian dulu, pilih saja tips mana yang kamu anggap lebih mudah untuk dilakukan, tapi inti dari semuanya adalah komitmen ya.

Cobalah untuk berkomitmen dulu agar tips yang kamu jalankan akan membuahkan hasil yang luar biasa.

Jadilah ibu rumah tangga yang bijak, mampu mengetahui apa saja yang perlu diprioritaskan mana yang tidak. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sudah menjadi ibu rumah tangga atau kamu calon ibu rumah tangga.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.