Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

9+ Tips Menabung Dari Uang Saku untuk Kaum Pelajar!

5 min read

tips menabung untuk pelajar

Tips Menabung untuk Pelajar – Saat ini, uang saku bukanlah perkara asing bagi para pelajar. Bahkan, sejak dulu orangtua kita juga sudah mengenal istilah ini di masa-masa mereka masih sekolah.

Memang tak ada perbedaan terkait penamaan, namun ada perbedaan yang paling mencolok antara uang saku pelajar masa kini dengan pelajar masa dulu loh. Ia  kan?

Perbedaan tersebut berasal dari nominalnya. Jika dulu uang saku Rp. 1.000 saja sudah sangat besar, maka saat ini uang saku Rp. 1.000 sekolah tak ada apa-apanya, karena untuk membeli permen saja sudah kurang.

So, bagi kamu yang saat ini kondisinya sedang menjadi pelajar, dan ingin menabung dari uang saku sehari-hari yang diberikan orangtua, tapi masih bingung bagaimana caranya menabung, tenang saja, karena kali ini kami akan membahas berbagai tips menabung untuk pelajar.

Tips dan Langkah-langkah Menabung untuk Pelajar 

Selain insight atau wawasan yang telah dijelaskan oleh Bapak Chandra Putra Negara tersebut, berikut ada beberapa tips berhemat dan menabung untuk pelajar yang dapat kamu lakukan.

1. Mengetahui Manfaat Menabung

Tips dan Langkah-langkah Menabung untuk Pelajar 

Tips menabung untuk pelajar yang pertama adalah dengan mengetahui atau menyadari akan banyaknya manfaat menabung terlebih dahulu, karena dengan mengetahui manfaat dari menabung kamu akan lebih bersemangat dalam menabung.

Selain itu, menabung juga bisa membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan pada saat akan mengelola keuangan yang ada loh.

Malah, menabung juga akan mengajarkan kepada kamu akan pentingnya memilih mana yang boleh dibeli atau tidak berdasarkan rumus kebutuhan.

Apabila kamu sudah mengetahui alasan mengapa harus menabung, kamu juga bisa menentukan apa saja keinginan yang meski kamu penuhi jika tabungan sudah sesuai dengan target.

Buatlah sedetail mungkin, misalnya ingin memberangkatkan orangtua ke tanah suci membutuhkan dana Rp. 50 juta, membeli novel karya si A dengan biaya Rp. 500.000, dan sebagainya.

Dengan demikian, kamu akan berusaha keras dan berjuang demi mewujudkan semua target tersebut. Apalagi, dengan membiasakan menabung juga akan membuat kamu menjadi lebih bijak dalam menggunakan uang yang ada.

2. Sarapan Ketika akan Berangkat Sekolah

Tips dan Langkah-langkah Menabung untuk Pelajar 

Tips menabung untuk pelajar yang kedua adalah dengan sarapan ketika akan berangkat ke sekolah.

Sarapan merupakan hal yang paling penting untuk kamu lakukan, karena peranannya yang juga cukup penting bagi tubuh dan kesehatan.

Apalagi jika kamu selalu berusaha untuk sarapan setiap harinya, tentu akan ada banyak sekali dampak baik bagi tubuh yang dapat kamu rasakan. Misalnya adalah tubuh menjadi lebih sehat.

Bahkan tak hanya itu, dengan sarapan dari rumah ketika akan ke sekolah juga akan membuat keinginan jajan di sekolah menurun. Percaya deh.

Sehingga, uang jajan yang seharusnya kamu belanjakan untuk sarapan bisa kamu alokasikan ke dalam uang tabungan. Mudahkan? Ya sesekali boleh kok sarapan di sekolah, paling tidak seminggu sekali saja ya.

Selain itu dengan sarapan dari rumah, makanan yang masuk ke dalam tubuh kamu akan lebih terjamin kebersihan dan kandungan gizinya. Daripada untuk beli sarapan, mending ditabung. Ia nggak? Wong ada yang disuguhkan gratis di rumah kok malah nyari yang bayar.

Baca Juga:

3. Membawa Bekal dari Rumah

Tips dan Langkah-langkah Menabung untuk Pelajar 

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya adalah dengan membawa bekal dari rumah.

Cara ini merupakan salah satu cara yang terbilang sangat simple. Kamu tidak perlu berusaha apapun, cukup buat bekalmu sendiri dan bawa ke sekolah.

Hanya dengan cara sederhana ini saja, kamu bisa mulai belajar hemat loh. Namun meski demikian, masih banyak juga yang sudah membawa bekal tapi tetap jajan.

Maka, kamu harus tegas kepada diri sendiri untuk tidak mengikuti nafsu dan memaksakan diri untuk mengkonsumsi bekal yang sudah kamu bawa dari rumah saja sehingga uangnya bisa kamu tabung.

Atau, kamu juga bisa membuat jadwal sehari atau dua hari untuk sarapan di kantin. It’s oke kok. Dan uang saku di tiga hari yang lainnya bisa kamu tabung.

4. Menabung dengan Nominal Kecil dan Tidak Membuang Uang Receh

cara menabung untuk pelajar dan pemula

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya adalah dengan menabung walaupun nominalnya kecil dan tidak membuang uang receh.

Kita bahas satu-satu ya.

Kamu pasti pernah mendengar pribahasa atau istilah sedikit demi sedikit lama lama akan menjadi bukit. Ia kan?

Nah ternyata, istilah ini bukan sekedar istilah biasa loh, karena jika kamu praktekkan kamu akan menemukan fakta yang mengejutkan.

Seperti ketika berbelanja, kamu mendapatkan uang kembalian yang logam. Stop membuang uang tersebut dan menganggapnya sebelah mata ya. Karena jika uang receh tersebut kamu tabung dan kumpulkan, hanya perlu setahun saja nominalnya pasti akan mulai besar.

Maka, mulailah untuk tidak malu ketika menabung hanya dengan nominal yang kecil, sebab jika kamu konsisten, hasilnya tetap mengejutkan kok.

5. Tidak Pilih-pilih Kendaraan

cara menabung untuk pemula

Tips menabung untuk pelajar yang kesekian kalinya adalah dengan tidak pilih-pilih kendaraan.

Sebagian besar para pelajar Indonesia pasti merasakan kehidupan ‘mencari jenis kendaraannya sendiri’ pada saat ke sekolah.

Terutama bagi kamu yang kebetulan memiliki orangtua super sibuk, sehinga tidak bisa mengantar ke sekolah, atau bagi kamu yang memang tidak ada kendaraan yang bisa digunakan.

Maka, uang transportasi yang sudah diberikan orangtua sebenarnya bisa kamu siasasati dengan baik agar tetap bisa menabung. Caranya adalah dengan tidak memilih-milih kendaraan.

Hingga kini, gaya hidup yang super tinggi nyaris mendominasi seluruh kehidupan masyarakat, tak terkecuali para pelajar. Tak heran jika kemudian banyak yang merasa gengsi jika harus ke sekolah hanya menggunakan angkutan umum atau ojek. Ia kan?

Padahal sebenarnya, apapun kendaraan yang membawamu sampai ke sekolah bukanlah masalah yang penting, sebab tujuan ke sekolah bukanlah ajang keren-krennan kendaraan.

So mulai sekarang, cobalah cari kendaraan yang benar-benar menawarkan harga murah, jangan sibuk mengikuti trend, sehingga sisa uang kendaraan kamu yang diberikan orangtua bisa dihemat dan ditabung.

Dan siapapun kamu yang telah menjadi sosok orangtua, mengajarkan nilai-nilai luhur kepada anak adalah kewajiban, dan salah satunya adalah dengan mengingatkan anak agar tetap hidup dengan baik, menerapkan budaya hemat dan mulai menabung.

Ingatkan kepada anak, bahwa dia tak perlu memilih-milih kendaraan hanya karena merasa gengsi.

6. Langsung Pulang ke Rumah

Salah satu penyebab kamu boros adalah karena terlau sering tidak langsung pulang ke rumah begitu pulang dari sekolah.

Dengan tidak langsung pulang ke rumah, uang kamu pasti akan digunakan untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan, seperti makanan misalnya.

Maka mulai sekarang, cobalah untuk langsung pulang ke rumah sepulang dari sekolah, karena selain bisa menghemat uang, hal ini juga menjadi salah satu adab seorang anak loh.

7. Mengurangi Nongkrong

Saat ini, nongkrong telah menjadi gaya hidup banyak orang, terutama para pelajar. Maka, tips menabung untuk pelajar selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah berhenti untuk terlau sering nongkrong.

Memang, dengan nongkrong kamu akan mempunyai kedekatan emosional dengan teman-teman kamu, atau kalian akan semakin akrab.

Namun, masih ada banyak cara lainnya yang bisa kamu lakukan jika ingin mendekatkan diri dengan mereka kok, misalnya adalah dengan berdiskusi.

Diskusi bayar? Gratis dong, atau kalau memang tetap mau nongkrong, nongkrong saja di rumah salah satu teman kalian. Hal ini bisa membuat dompet kamu lebih sehat dan membentuk pribadi hemat dalam dirimu.

Jangan sampai kamu menjadi generasi yang konsumtif ya. Meski demikian, sesekali nongkrong di kafe juga boleh kok. Jadwalkan saja sebulan sekali atau maksimal dua kali.

Baca Juga:

8. Mengetahui Kebutuhan

Tatkala ingin membeli sesuatu, cobalah untuk menimbangnya dengan baik, apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya sekedar ingin saja?

Tips menabung untuk pelajar satu ini adalah cara yang terlihat sangat mudah namun ternyata cukup sulit loh.

Hal ini karena memang pikiran dan nafsu kamu kerap membisiskkan dan menggoda agar terus menghabiskan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak perlu.

So, jika ingin membeli sebuah barang, jangan langsung memutuskannya dengan mengatakan ‘wah saya butuh ini’. Jangan.

Kamu membutukan waktu khusus untuk memikirkannya loh. Karena jika sudah sekali mengikuti nafsu kamu dengan membuat abu-abu keinginan menjadi kebutuhan, maka kamu akan terus melakukannya. Percaya deh.

Jadi harus bisa bijak dalam menimbang kebutuhan dan keinginan ya dear.

9. Membawa Air Mineral dari Rumah

Tips menabung untuk pelajar yang terakhir adalah dengan membawa air mineral sendiri dari rumah. Mudah banget kan?

Meski terlihat mudah, namun prakteknya lumayan sulit loh. Hal ini karena nyaris semua orang malas untuk membawa air mineral sendiri dari rumah dengan alasan berat, dan lain sebagainya.

Padahal, cara ini bukan hanya bisa membuat keuangan kamu membaik loh, tapi ada juga dampak luar biasa yang mungkin tidak terpikirkan olehmu. Apa itu?

Yakni membantu bumi agar tetap lestari. Bagaimana bisa?

Ya jelas bisa, karena dengan membeli air mineral, itu artinya kamu telah menyumbang sampah plastik untuk bumi. Kalikan saja dalam sehari ada berapa banyak orang yang pola pikirnya sepertimu, dan kalikan seminggu saja.

Kita ambil contoh. Misalnya, dalam sehari, ada 20 orang yang malas membawa air mineral sendiri dari rumah. Dan jika dikalikan ke dalam seminggu, maka ada 140 sampah plastik yang harus disumbangkan ke bumi.

Dan apakah kamu tahu, bahwa sampah berbahan plastik adalah sampah yang paling sulit diurai oleh tanah?

Sungguh, pola hidup dengan membawa air mineral sendiri dari rumah ini adalah pola hidup yang sangat simple dan mudah, namun sulit untuk diterapkan.

Maka mulai sekarang, cobalah untuk membawa air mineral sendiri dari rumah. Karena selain uangnya bisa kamu masukkan ke dalam tabungan, kamu juga sudah berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan.

Sekian

Demikian beberapa tips menabung untuk pelajar yang dapat kami berikan. Kamu bisa menerapkan cara manapun yang memang menurut kamu lebih mudah.

Cobalah untuk menerapkan cara yang memang sederhana dan kira-kira kamu mampu.

Susah? Tentu saja. Karena  biasanya, sesuatu yang baik itu memang sulit untuk dilakukan. Ia kan? Dan ini bukan lagi rahasia umum.

Jika sudah mulai bertekad untuk menabung, akan ada banyak sekali godaan yang menghampirimu, seperti ajakan nongkrong yang makin rame, atau ajakan hunting ke berbagai tempat.

Kamu tidak akan bisa menolak ajakan tersebut jika tekad kamu untuk menabung belum kuat dan benar.

Maka, cobalah untuk bertekad yang keras, karena hasil dari tabungan yang kamu simpan tidak sekedar bernilai angka yang bisa kamu gunakan utnuk membeli semua barang impianmu, tapi ada dampak yang jauh lebih penting, yakni kamu bisa menjadi pribadi yang benar-benar hemat. Semoga bermanfaat.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.