Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

10 Ide Usaha Tanpa Modal Dengan Hasil Melimpah

5 min read

10 Usaha Tanpa Modal Hasil Melimpah

Membicarakan soal usaha tanpa modal hasil melimpah, ketika kamu diminta untuk mendefinisikan kata usaha, pasti yang terbenak di pikiran pertama kali cuma modal. Ia kan?

Tentu hal ini adalah sesuatu yang wajar-wajar aja sih, karena memang hampir semua usaha membutuhkan modal, modal nekat misalnya.

Namun tak jarang karena terlalu sibuk memikirkan modal bisa membuat usaha kamu terhambat loh.

Di jaman yang super canggih ini, sayang banget kalau kamu masih mikir kalau usaha butuh uang atau finansial yang cukup.

Karena nyatanya, udah banyak usaha tanpa modal hasil melimpah yang bisa kamu jadikan sebagai penghasil uang. Asal kreatif sih.

10 Tips Usaha Sampingan Tanpa Modal Hasil Melimpah

10 Tips Usaha Sampingan Tanpa Modal Hasil Melimpah

Usaha tanpa modal hasil melimpah ini kemudian menarik minat banyak kalangan, contohnya adalah kaum yang ngakunya millennial.

Usaha tanpa modal ini berarti bahwa ketika akan mulai menjalankan usaha, kamu tak perlu mengeluarkan modal yang berarti. Ya berarti di sini kamu tak perlu mengeluarkan dana yang besar.

Misalnya ketika akan memulai usaha atau bisnis online gratis lewat hp, tentu kamu tetap membutuhkan smartphone dan paketan.

Paling tidak, usaha ini tetap dianggap sebagai usaha tanpa modal hasil melimpah loh, karena smartphone dan paketan memang sudah kamu punya meski nggak buat usaha kan?

Nah, kalau kamu masih bingung buat usaha apa? Nih saya kasih bocoran 10 usaha tanpa modal hasil melimpah yang bisa kamu coba.

1. Menjadi Blogger

Usaha Sampingan Tanpa Modal Menjadi Blogger

Untuk menjadi seorang blogger, kamu harus punya kemampuan menulis yang baik dan super rajin membaca. Kamu tentu tahu, kalau seorang penulis pasti membutuhkan banyak materi dan pengetahuan untuk menunjang kualitas tulisan.

Namun, kamu juga bisa menulis hal-hal sederhana kok, seperti tentang perjalanan hidup kamu, resep masakan sederhana, atau bisa juga tips dan trik yang pernah kamu praktekkan.

Ketika menjadi blogger, kamu bisa bekerja dimanapun kamu mau, asal jaringan lancar jaya.

Hanya saja, untuk menjadi seorang blogger yang menghasilkan memang tidak mudah dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Ada banyak hal yang meski kamu pelajari.

2. Penulis Lepas

usaha sampingan tanpa modal menjadi Penulis Lepas

Sebagai seorang penulis, kamu harus bisa menulis banyak hal di berbagai bidang, apalagi jika memilih menjadi penulis lepas.

Agar bisa menjadi seorang penulis lepas, kamu hanya perlu paket data, rajin-rajin membaca, dan terus belajar.

Penghasilan yang kamu dapatkan dengan menjadi seorang penulis lepas juga sangat menjanjikan loh meski termasuk usaha tanpa modal. Asal rajin belajar dan nulisnya.

Apalagi sekarang banyak perusahaan atau toko yang butuh jasa kamu untuk menunjang dan menarik lebih banyak pembeli ke usaha mereka.

3. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis usaha tanpa modal

Ketika sedang stalking mantan atau ketika jalan jalan keliling pusat kota bersama gebetan, kamu pasti menemukan banyak logo kan?

Bahkan social media yang kamu gunakan juga punya logo khas yang mudah kamu ingat. Tentu kamu tahu bahwa yang membuat logo-logo sederhana, namun elegant tersebut dibuat oleh seorang desain grafis.

Jika kamu merasa memiliki potensi di bidang ini, tak ada salahnya mencoba peruntungan usaha gratis di bidang jasa desain grafis dong. Bahkan karena sudah zaman digital, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga freelance di bidang desain grafis.

Kamu tidak butuh modal banyak untuk memulainya, hanya seperangkat laptop itu saja.

Kamu butuh smartphone? Tentu. Kalau tidak, bagaimana kamu akan berkomunikasi dengan pelanggan dan memasarkan jasa?

Sebagai langkah awal, kamu bisa memamerkan kebolehan desain kamu di berbagai media social, seperti instagram dan facebook.

Jangan lupa untuk memberikan #tagar di setiap captionnya agar bisa menjangkau pelanggan lebih banyak. Atau, kamu juga bisa menggunakan platform online, Fiverr.

Kamu bisa menawarkan keahlian kamu di sini, dan Fiverr bisa menjangkau banyak calon client dari seluruh belahan dunia.

Kenapa Fiverr? Ya, karena Fiverr adalah salah satu web penghasil uang yang dapat kamu manfaatkan untuk membangun portofolio.

Lalu gimana kak kalau saya minat tapi belum bisa desain grafis? Tenang sis, sudah banyak kok perusahaan yang menawarkan jasa belajar desain grafis sampai bisa.

Saran saya, cari perusahaan yang bisa ngajarin kamu offline ya, karena berdasarkan pengalaman, belajar desain grafis online kurang efektif bagi pengguna yang bener-bener newbie.

4. Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah Usaha Tanpa Modal

Semua pekerjaan yang menghasilkan jasa memang terlihat tanpa modal, meskipun sebenarnya skill yang ditawarkan mereka didapatkan dari proses panjang yang berbayar.

Misalnya seorang penulis, memang kamu tahu dia belajar nulis darimana? Bisa saja dia belajar di kelas menulis yang berbayar ratusan ribukan? Sama halnya dengan jasa seorang penerjemah.

Seorang penerjemah juga pasti mendapatkan skill bahasanya dari berbagai lembaga. Nah, jika kamu memiliki kemampuan ini, sangat sayang untuk dilewatkan.

Apalagi nih, banyak loh perusahaan besar yang butuh terjemahan kamu untuk kerjasamanya dengan pihak lain.

So, kalau kamu pernah beajar di pondok atau di lembaga kursus, ada baiknya memanfaatkan kesempatan emas ini. Toh modal yang kamu keluarkan sama sekali tidak ada, karena biaya belajarnya pasti udah dibayarin orangtua kan?

Ketika akan memulai dan mendapatkan client pertama, kamu harus menunjukkan bahwa jasa yang kamu tawarkan bukan kaleng-kaleng, sehingga ketika client pertama membutuhkan jasa penerjemah lagi dia pasti akan menghubungi kamu.

5. Jasa Editing Video

Bisnis Jasa Editing Video

Dunia digital memang sangat laris sekarang. Kita bahkan bisa lihat sendiri bahwa undangan yang dulunya berbentuk rantangan udah pindah haluan ke video gital, ia kan?

Hal ini tentu menjadi angin segar bagi kamu yang menyukai sekitar editing video. Dengan bermodal laptop dan smartphone, kamu sudah bisa memulai usaha tanpa modal hasil melimpah ini.

Untuk memasarkannya, kamu bisa memanfaatkan media social dan promosi ke teman-teman terdekat. Terlihat sederhana, tapi bayaran untuk jasa editing video lumayan loh. Bisalah buat beli cilok 20 bungkus.

6. Les Privat

Ide Usaha Les Privat

Semenjak pandemic, banyak orang-orang yang mendadak jadi guru les. Hal ini saya temukan di sekitar tempat tinggal saya.

Faktor orang tua yang sibuk, tidak punya waktu, dan tidak bisa mengajari pelajaran anak di sekolah menjadi alasan pertama mengapa banyaknya jasa les privat. Apalagi anak-anak masih menggunakan sistem belajar luring.

Kesempatan ini sangat sayang jika kamu biarkan berlalu begitu saja, apalagi kalau kamu punya pengetahuan yang mumpuni di satu atau dua bidang. Ya daripada disimpan sendiri ilmunya, apa salahnya buat nyoba usaha keren ini, ia kan?

Jasa les privat bahkan nggak butuh modal apapun. Kalau masih bingung mulainya, kamu bisa memulainya dari lingkup yang paling kecil, misal ngajarin anak tetangga atau anak temen.

Trus, promosinya gimana kak? Kamu bisa minta tolong ke keluarga terdekat buat bantuin promo dari mulut ke mulut kok.

Nggak butuh waktu lama, dua hari setelah promosi biasanya udah ada yang daftar meski Cuma 2.

7. Menjual Barang Bekas

Bisnis Jualan Barang Bekas

Punya baju bekas yang masih layak pakai? Punya sepatu yang mulai kekecilan? Atau punya koleksi tas yang udah ketinggalan trend? Kalau punya, nggak ada salahnya kalau barang-barang tersebut kamu tawarkan ke orang lain daripada harus lapuk dan rusak tak berarti.

Selain membuat rumah lebih lapang dan bersih, kamu juga bisa mendapatkan sejumlah uang yang bisa digunakan buat berbagai keperluan.

Meski hanya menjual barang bekas, ternyata penghasilan usaha tanpa modal hasil melimpah satu ini cukup besar loh. Kamu bisa membeli barang bekas dari orang lain dengan sistem harga borongan, lalu bisa kamu jual lagi dengan harga yang sedikit agak mahal.

Cara memasarkannya juga sangat mudah, kamu bisa menggunakan banyak marketplace atau grup jual beli barang bekas yang ada di facebook.

Pelajari juga Cara Analisa Peluang Usaha Sebelum Berbisnis

8. Content Creator

Bisnis Content Creator

Menjadi seorang content creator adalah pilihan tepat jika kamu ingin menjalankan bisnis tanpa modal.

Di luaran sana, ada banyak sekali perusahaan-perusahaan atau kios kecil yang membutuhkan banyak konten setiap harinya sebagai kebutuhan promosi.

Sayangnya, perusahaan atau kios tersebut bisa saja tidak memiliki tenaga ahli di bidangnya kan? Tak heran, jika mereka membutuhkan jasa kamu untuk membantu mereka mempromosikan barang yang ditawarkan.

Jika kamu merasa memiliki ketertarikan dan bakat menjadi seorang content creator, tak ada salahnya mencoba usaha tanpa modal hasil melimpah ini.

Dengan semakin sering menerima pesanan, tentu lama kelamaan skill kamu akan terasah dan bisa menghasilkan karya yang berkualitas.

Sebagai langkah awal untuk menemukan client, kamu bisa memanfaatkan jaringan social media sebagai media promosi.

9. Jualan Akun Instagram

Bisnis Jualan Akun Instagram

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, apakah ini benar? Ya, ini benar adanya, karena memang ada banyak orang yang sengaja membuat akun sebanyak mungkin yang kemudian akan diperjual belikan loh.

Harganya juga terbilang pantaslah. Satu akun, akan dihargai Rp. 100 per followernya. Jadi, coba sekarang cek berapa follower akun instagram kamu, lalu kalikan Rp. 100.

Bayangkan jika kamu punya tiga akun dengan follower masing-masing 1000. Dapat duit berapa? Hitung sendiri ya.

10. Membantu Penjualan Barang

Bisnis Membantu Penjualan Barang

Saya tahu persis bagaimana untungnya menjalankan bisnis satu ini meskipun nama usaha yang tepatnya saya masih agak bingung.

Jadi, beberapa waktu lalu ayah saya diminta temannya untuk membantu menjualkan tanah. Ya karena kebetulan di deket rumah ada yang butuh, tanahnya langsung laku gaes.

Jadi, selama proses transaksi jual beli tanahnya ayah saya hanya menemani pembeli ke lokasi dua kali. Ya artinya Cuma butuh modal bensin doanglah.

Nggak berapa lama, ayah saya dikasih sejumlah uang yang angkanya sangat banyak loh. Bayangin, kamu sama sekali nggak butuh modal buat bisa dapet duit.

Besok-besok nih, kalau ada temen kamu yang minta tolog buat bantuin jualan tanah, mobil, rumah, jajanan, toko, ruko, atau apalah itu, jangan ragu buat nolong, karena ini juga ladang uang.

Kamu juga nggak mesti repot-repot ngasih tarif, karena tarif udah ditentukan sama yang minta tolong. Ya dikasih dikit juga nggak masalah lah, namanya juga cuman bantu dikit, tanpa modal lagi. Ia kan?

Sekian

Jadi gimana nih, di antara 10 usaha tanpa modal hasil melimpah di atas pasti ada yang nyangkut sama minat dan bakat kamu dong?

Inget ya, namanya bangun usaha nggak semudah balikin telapak tangan, karena di tengah usaha pasti kamu bakalan diterpa angin dan badai.

Pengusaha sukses di luaran juga pasti tahu dan udah ngalamin pahit manis saat merintis usahanya.

So, nggak usah minder, jalani bisnis kamu dengan enjoy, dan jangan lupa buat terus belajar, karena usaha butuh inovasi untuk mendongkrak pertumbuhan usaha kamu nantinya.

Anita Aprilia Setangguh Karang. "Love to study. Sharing about finance, business and business opportunities."

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.